Kamis, 12 Agustus 2010

Biaya

Penjelasan lebih lanjut akan dijabarkan dalam Financial Plan.

Ruang

Lay out penataan ruangan “Omah Wedangan” dapat dilihat dari gambar berikut ini:

Pemasaran

Personal Selling

Awalnya kami memperkenalkan Omah Wedangan kepada famili dan koneksi terdekat kami, dengan harapan nantinya kualitas Omah Wedangan dapat dikenal oleh masyarakat luas dari mulut ke mulut.

Brosur dan Pamflet/Liflet

Metode pemasaran ini menjadi metode pemasaran kami yang utama. Kami bisa menyebarkan Brosur dan Liflet di tempat-tempat nongkrong anak muda, kampus, ataupun di daerah perkantoran.

Advertising/Iklan

Kami akan mempromosikan Omah Wedangan di Website maupun Blog yang telah lebih dahulu kami buat. Dengan melihat website kami, konsumen dapat melihat menu apa saja yang kami sediakan serta fasilitas apa saja yang mendukung kenyamanan bersantap di Omah Wedangan.

Strategi Penentuan Harga

Kami akan melakukan penetrasi harga dengan cara pada awal dibukanya usaha ini, kami akan mengadakan beberapa promosi atau soft opening program. dimana nantinya akan ada diskon 50 persen selama bulan promo. Nantinya kami akan memberikan juga diskon atau souvenir kepada customer setia, yang mana setelah pemakaian akumulasi 25 jam akan diberikan diskon 15 persen atau mendapatkan souvenir cantik.

Lokasi

Lokasi “Omah Wedangan “ berada di daerah sekitar kampus UMS. Lokasi tersebut berupa rumah kontrakan yang kami fungsikan sebagai tempat usaha kami. Harga rumah kontrakan tersebut 3-4 juta/tahun.

Sumber Daya Manusia

Ketrampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha bisnis “Omah Wedangan” antara lain:
  • Kemampuan manajemen bisnis mencakup keuangan, marketing dan operasional. Untuk posisi manajemen.
  • Kemampuan memasak yang memperhatikan cara memasak yang benar agar kandungan gizi pada bahan makanan tidak hilang. Untuk posisi koki.
  • Cekatan dalam menanggapi permintaan konsumen dan menjalankan operasional bisnis. Untuk posisi yang langsung berhubungan dengan konsumen.
Penjelasan lebih lanjut akan dijabarkan dalam Organization Plan.

Proses Bisnis

Adapun proses bisnis yang kami lakukan untuk membuat bisnis ini sebagai berikut:
  1. Proses Pencarian ide bisnis sebanyak mungkin. Ide bisnis yang muncul antara lain cafĂ©, jual – beli aksesoris motor, movie centre, dll
  2. Proses penyaringan ide bisnis sesuai dengan aspek – aspek pasar dan di nilai paling cocok dengan kebutuhan dari pasar saat ini. Maka dari hal tersebut kami memilih ide bisnis “omah wedangan” yang dianggap paling cocok dengan “demands” saat ini.
  3. Setelah menentukan ide bisnis apa yang akan dibuat, kami melakukan analisis Bussiness plan, yang terdiri dari :Marketing plan, Operation plan, organization plan, dan financial plan.
  4. Pencarian sumber dana utama/ modal bisnis. Modal bisnis kami berasal dari dana pribadi yang kami bagi secara rata.
  5. Menyiapkan tempat usaha, peralatan usaha.
  6. Perekrutan karyawan.
  7. Promosi disertai menjalankan usaha “omah wedangan” .

Produk dan Harga

Produk

Keunggulan angkringan di tempat kami adalah menyediakan tempat makan dan minum sekaligus hangout yang enak, nyaman, namun dengan harga yang terjangkau serta rasa dan suasana yang berbeda dengan angkringan di tempat lain. Omah Wedangan merupakan perwujudan Angkringan atau HIK dengan konsep modern. Makanan dan minuman yang disajikan merupakan cita rasa asli Indonesia.

Harga

Harga yang kami tawarkan layaknya harga makanan dan minuman yang ada di Angkringan atau Wedangan biasa, yaitu berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 7.000.